BLTA: Jual kapal tua, pecat karyawan, dan melikuidasi anak usaha


Restruturisasi PT Berlian Laju Tanker (BLTA) terus berjalan lewat mekanisme penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). Jual kapal tua, pecat karyawan, dan melikuidasi anak usaha jadi sebagian opsi. 

Direktur Borelli Walsh, Nicholas Yoong, yang menjadi konsultan BLTA, mengatakan langkah restruturisasi armada yang akan diambil di antaranya melepaskan kapal-kapal yang tidak menguntungkan, renegosiasi sewa, dan alokasi tonase.

“[Terdapat] 12 kapal dengan arus kas negatif, usia rata-rata 17,6 tahun,” katanya Jumat (10/8). Proses menjual atau membesi-tuakan sedang berlangsung dengan sasaran hasil diperkirakan US$19,7 juta. 

Dalam paparannya, proses pelapasan kapal dengan pembesi-tuaan diperkirakan melambat karena harga turun dalam 2 bulan terakhir yang membuat pembeli pilih menunggu dan melihat situasi. Tambah lagi, para pmbeli mengambil keuntungan atas posisi BLTA untuk menekan harga.

Restruturisasi armada itu akan mengubah komposisi kapal perseroan menjadi 47 yang terdiri atas 34 kapal milik dan 13 kapal sewa.  Selain itu, akan terjadi perubahan dari manajer kapal internal, GBLT Shipmanagement Pte Ltd.,  ke Gold Bridge dan pihak ketiga. 

GBLT merupakan perusahaan yang didirikan pada 2002 di Singapura yang seluruh sahamnya dimiliki BLTA secara tidak langsung. GBLT, yang merupakan manajer 26 kapal perseroan, memiliki 400 kreditur yang mencapai US$24 juta.

“Bantuan pendanaan yang ada untuk GBLT dari BLT tidak dapat bertahan dan GBLT akan dilikuidasi,” ungkap mereka dalam dokumen konsep rencana restrukturisasi yang didapat Bisnis. 

Konsep itu juga mengutarakan rasionalisasi kantor dengan menutup kantor di Dubai dan Xiamen, China. Salah satu alasannya, sanksi terhadap Iran membatasi kemampuan BLTA untuk mengadakan bisnis di wilayah tersebut. 

MTB
Hi, saya adalah jurnalis bisnis dan ekonomi di salah satu media nasional. Saya menulis soal kewirausahaan, finansial, saham, hukum bisnis,dan hal-hal menarik lainnya.

1 komentar

  1. Kami mencari kapal tua, alat berat bekas dan besi scrap. Kami sanggup membeli dengan harga tinggi dan dalam jumlah yang besar.
    Hubungi kami dan kirim data dengan email ke asr1008@yahoo.com
    Catt: pada tahap awal komunikasi hanya lewat email untuk menghindari penawaran tanpa data.
    Terima kasih
    besi scrap kapal tua dicari

    BalasHapus

Posting Komentar

Quote

“Finally, from so little sleeping and so much reading, his brain dried up and he went completely out of his mind.” ― Miguel de Cervantes Saavedra, Don Quixote