Featured Post

8 Negara Paling Sempit di Dunia, Salah Satunya Sangat Berpengaruh



1. Vatican City

0,49 km2 (0,19 mi2)


Vatikan adalah sebuah negara enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia.

Kota Vatikan merdeka dari Italia pada tahun 1929 di bawah Perjanjian Lateran dan tetap menjadi negara terkecil di dunia dengan luas hanya 0,49 kilometer persegi atau 0,19 mil persegi, menurut Visual Capitalist. 

Berada di bawah "kepemilikan penuh, kekuasaan eksklusif, dan otoritas dan yurisdiksi berdaulat" Tahta Suci, Kota Vatikan memiliki pengaruh yang sangat besar untuk ukurannya mengingat ada lebih dari 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia.

2. Monaco

2,02 km2 (0,78 mi2)


Daerah kantong Mediterania Monaco adalah negara terkecil kedua di dunia dengan luas lebih dari dua kilometer persegi atau 0,78 mil persegi. 

Negara ini terkenal dengan reputasinya sebagai taman bermain bagi orang kaya dan grand prixnya yang ikonik. Dengan 19.009 penduduk per kilometer persegi, Monako juga merupakan negara berdaulat terpadat di dunia.

3. Nauru

21,00 km2 (8,10 mi2)


Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik. Republik Nauru dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer ke timur.

Nauru dulunya adalah negara penghasil fosfat terbesar dunia. Bukan sembarang fosfat, namun fosfat yang bermutu sangat tinggi.

Di era 1980-an, Nauru adalah satu negara paling makmur di dunia. Namun dalam beberapa tahun kemudian, statusnya melorot menjadi salah satu negara paling miskin di dunia.

Pendapatan yang besar dari fosfat mendorong pemerintah Nauru membebaskan banyak pajak dan subsidi perumahan besar-besaran. Layanan publik seperti rumah sakit, sekolah, transportasi, semua digratiskan.

Perlahan, deposit fosfat mulai habis dieksploitasi di tahun 1990-an. Selain royalti yang meyusut, bekas tambang membuat kerusakan parah pada sekitar 80 persen pulau utama Nauru. 

Permukaan sisa tambang tak bisa dimanfaatkan untuk pertanian sehingga jadi lahan gersang dengan lubang menganga dimana-mana.

4. Tuvalu

26,00 km2 (10,00 mi2)


Dikenal sebagai Kepulauan Ellice, Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik.

Tuvalu terdiri dari empat pulau karang dan lima atol besar. Pemanasan global mengancam negara kecil ini, keberadaannya bisa sirna jika permukaan laut ters naik.

5. San Marino

61,00 km2 (24,00 mi2)


Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

Menurut Bank Dunia, pada 2019 populasi negara tersebut adalah 33.860 orang.

6. Liechtenstein

160,00 km2 (62 mi2)


Keharyapatihan Liechtenstein adalah sebuah wilayah kerajaan seluas kurang lebih 160 kilometer persegi yang terkurung daratan ganda. 

Terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss, segala urusan luar negeri negara berbahasa Jerman ini diurus oleh Swiss.

Liechtenstein beribu kota Vaduz. Populasinya 38.378 (2019).

7. Marshall Islands

181 km2 (70 mi2)


Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik bagian barat. Letaknya berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. 

Populasi: 58.791 (2019)

8. Saint Kitts & Nevis

261 (101 mi2)


Saint Kitts dan Nevis, atau juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. 

Populasi: 52.834 (2019) 


MTB
Hi, saya adalah jurnalis bisnis dan ekonomi di salah satu media nasional. Saya menulis soal kewirausahaan, finansial, saham, hukum bisnis,dan hal-hal menarik lainnya.

Tidak ada komentar

Quote

“Finally, from so little sleeping and so much reading, his brain dried up and he went completely out of his mind.” ― Miguel de Cervantes Saavedra, Don Quixote