Duniatera.com – Sempat tidak mau melanjutkan sekuel the Matrix, Lana Wachowski akhirnya membuat The Matrix Resurrections yang dirilis pada 2021, sekuel The Matrix Revolutions (2003).

Keanu Reeves, Carrie-Anne Moss, Jada Pinkett Smith, dan Lambert Wilson mengulangi peran mereka dari film-film sebelumnya, dan mereka bergabung dengan Yahya Abdul-Mateen II, Jessica Henwick, Jonathan Groff, Neil Patrick Harris, dan Priyanka Chopra Jonas.

Film ini berlatar 60 tahun setelah Revolutions dan mengikuti Neo, yang menjalani kehidupan yang tampaknya biasa sebagai pengembang video game yang kesulitan membedakan fantasi dari kenyataan.

Sekelompok pemberontak, dengan bantuan Morpheus versi terprogram, membebaskan Neo dari versi baru Matrix dan melawan musuh baru yang menahan Trinity.

Setelah rilis Revolutions, Wachowskis sebenarnya menyangkal kemungkinan film Matrix lain. Namun, Studio Warner Brothers terus-menerus menyatakan minatnya untuk menghidupkan kembali sekuel ini.

Pada akhir 2019, film Matrix keempat akhirnya diumumkan, dengan Lana Wachowski kembali sebagai sutradara tanpa saudara perempuannya Lilly, sedangkan Reeves dan Moss mengulangi peran mereka.

Syuting film ini dimulai pada Februari 2020 tetapi dihentikan pada bulan berikutnya karena pandemi COVID-19. Wachowski sebenarnya mempertimbangkan untuk meninggalkan film tersebut, namun ditekan oleh para pemeran untuk menyelesaikannya. Syuting dilanjutkan pada Agustus dan berakhir 3 bulan kemudian.

The Matrix Resurrections ditayangkan perdana di Toronto pada 16 Desember 2021, dan kemudian tayang melalui layanan streaming HBO Max oleh Warner Bros. Pictures pada 22 Desember 2021.

 - spoiler alert -

Jalan Cerita The Matrix Resurrections

Thomas Anderson adalah pencipta serial video game berjudul The Matrix, berdasarkan ingatannya yang samar sebagai Neo.

Di sebuah kedai kopi, dia terus berpapasan dengan Tiffany, seorang ibu yang sudah menikah tanpa mengingat masa lalunya, yang menjadi dasar Anderson untuk karakter permainan Trinity.

Dia berjuang untuk memisahkan realitas yang dirasakan dari mimpi. Terapisnya meresepkannya pil biru untuk menekan kejadian, namun dia hentikan.

Anderson membuat simulasi untuk mengembangkan karakter gim. Seorang wanita muda bernama Bugs belajar simulasi menjalankan kode lama dalam satu lingkaran, memberlakukan saat ketika Trinity pertama kali ditemukan Neo dalam Matrix.

Bugs menemukan program mewujudkan Morpheus, dan membantu membebaskannya. Meskipun Neo dianggap mati, Bugs dan Morpheus melacaknya ke Anderson dan mengekstraknya dari Matrix, mengetahui bahwa mitra bisnisnya Smith sebenarnya adalah Agen Smith, yang ingatannya juga ditekan.

Neo terbangun di pod dan pemberitahuan Trinity terkurung di satu sama lain di dekatnya, sebagai mesin yang dikirim oleh Bugs membawanya ke kapal Bugs, Mnemosyne.

Neo dibawa ke kota benteng baru perlawanan, yang disebut Io, di mana ia bersatu kembali dengan Niobe tua.

Dia menjelaskan bahwa enam puluh tahun telah berlalu di dunia nyata sejak Perang Mesin berakhir, dan bahwa kecuali dia, semua anggota perlawanan lain yang Neo kenal telah meninggal seiring waktu, termasuk Morpheus asli.

Kedamaian yang dicapai dengan pengorbanan Neo berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi akhirnya begitu banyak manusia diizinkan meninggalkan Matrix sehingga menciptakan kekurangan daya yang serius, menyebabkan mesin memperebutkan sumber daya yang terbatas.

Zion hancur dalam perang, meskipun sebagian besar penduduknya dievakuasi. Beberapa mesin bergabung dengan manusia, dan bersama-sama mereka membangun kota tersembunyi Io.

Meskipun Neo ingin menyelamatkan Trinity, Niobe menentangnya. Bugs dan krunya tidak mematuhi Niobe, dan mencoba membantu Neo dalam membebaskan Trinity.

Setelah memasuki Matrix, mereka dicegat oleh Smith dan program pengasingan lainnya, termasuk Merovingian. Orang-orang buangan sekarang menjadi tunawisma karena perubahan terbaru dalam Matrix. Mereka menyerang Neo, berharap kematiannya akan membantu membatalkan perubahan dan mendapatkan hidup mereka kembali, tetapi Neo berhasil mengalahkan mereka karena kemampuannya secara bertahap kembali.

Mereka pergi dan menemukan Trinity, tetapi sebelum Neo dapat berbicara dengannya, terapisnya muncul dan melumpuhkannya dengan memanipulasi waktu. Dia mengungkapkan identitasnya sebagai Analis, sebuah program yang dirancang untuk mempelajari jiwa manusia.

Dia menjelaskan bahwa setelah kematian Neo dan Trinity, dia ditugaskan untuk mempelajari tubuh Neo dan kekuatan anomalinya sebagai The One - meyakinkan atasannya untuk membangkitkan mereka berdua.

Dia menemukan bahwa karena hubungan inheren The One dengan semua umat manusia di Matrix, memanipulasi Neo sebenarnya bisa membuat Matrix menghasilkan lebih banyak energi.

Selain itu, ia menemukan bahwa anomali kode di Neo sebenarnya dibagi dalam ikatannya dengan Trinity (lima "Satu" sebelum Neo tidak setara dengan ikatan cinta romantis dengannya).

Dengan menekan kedua ingatan mereka dan menjaga mereka tetap dekat tetapi selalu terpisah, Matrix menghasilkan lebih banyak energi.

Memecahkan krisis energi menempatkan Analis dalam posisi untuk merebut kekuasaan dari Arsitek, setelah itu ia membangun kembali Matrix untuk mengendalikan manusia dengan manipulasi emosional - mengutip bahwa manusia umumnya percaya apa yang ingin mereka percayai.

Namun, pembebasan Neo membuat sistem tidak stabil dan memicu kegagalan untuk mem-boot ulang Matrix.

Analis menghentikan reboot dengan meyakinkan atasannya bahwa mengancam akan membunuh Trinity akan membuat Neo kembali secara sukarela ke podnya.

Neo dan Bugs kembali ke Io dan berbicara dengan Sati, program pengasingan yang dia temui sebelumnya.

Berusaha membalas kematian orang tuanya di tangan mesin, Sati membantu menyusun rencana untuk membebaskan Trinity.

Kembali ke Matrix, Neo membuat kesepakatan dengan Analis; dia akan kembali ke podnya jika dia gagal meyakinkan Trinity untuk meninggalkan Matrix.

Saat Neo berbicara dengan Tiffany, keluarganya muncul. Awalnya mereka membujuknya untuk tinggal, tetapi segera setelah dia menolak mereka, mengingat identitas aslinya sebagai Trinity.

Menyadari bahwa dia telah kalah, Analis mencoba membunuhnya, tetapi Smith muncul dan menyerang Analis, berusaha membalas dendam atas pemenjaraannya sendiri.

Neo, Trinity, dan yang lainnya melarikan diri dengan kendaraan mereka, tetapi dikejar melalui jalan-jalan oleh gerombolan program "bot" dan helikopter serang.

Sebagai yang terakhir diekstraksi, Neo dan Trinity menjadi terpojok di atas gedung pencakar langit. Berpegangan tangan, mereka melompat, berharap Neo akan dapat memanfaatkan kemampuan terbangnya, tetapi Trinity memperoleh kemampuan dan menerbangkan mereka ke tempat yang aman.

Dengan kendali baru Trinity atas Matrix, keduanya kembali untuk menghadapi Analis.

Mereka dengan sinis berterima kasih padanya karena memberi mereka kesempatan kedua dengan membangkitkan mereka, yang ingin mereka gunakan untuk membuat ulang Matrix sesuai keinginan mereka.

Neo dan Trinity kemudian dengan penuh kemenangan terbang ke langit bersama-sama.

Post a Comment