Semua orang pernah gagal. Dari Jeff Bezos dan Elon Musk hingga pemilik usaha kecil di toko sudut jalan, kegagalan yang bertahan lama hanyalah fakta kehidupan bagi semua pengusaha. Hal yang membedakan pendiri terbaik dari rekan-rekan mereka adalah kemampuan untuk belajar dari kegagalan itu.

Dalam utas Reddit yang baru-baru ini diposting di subreddit r/entrepreneur, lusinan pengguna membagikan perspektif mereka tentang pelajaran utama yang hanya dapat dipelajari setelah gagal. Berikut adalah beberapa hal terbaik tentang kebijaksanaan yang diperoleh dari kegagalan:


1. Jangan lupa fokus pada penjualan.

Anda dapat membuat produk penting yang merevolusi industri Anda, tetapi itu tidak akan membuat sedikit perbedaan jika tidak ada yang mengetahuinya. 

Meskipun berfokus pada kualitas produk itu penting, penjualan dan pemasaran sangat penting untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda. "Ini bukan 90 persen produk dan 10 persen penjualan," tulis seorang redditor. "Ini kebanyakan penjualan."


2. Belajar mengenali tanda-tanda kepribadian yang beracun.

Saat memilih mitra bisnis dan mempekerjakan karyawan, pastikan Anda tidak tertipu, seperti yang disebut redditor, "narsisis, sosiopat, dan psikopat." 

Kepribadian beracun dapat menjadi bencana pada bisnis Anda jika tidak ditangani dengan cepat. Untuk mengenali tanda-tandanya, perhatikan kurangnya empati terhadap orang lain dan penggunaan kecerdasan atau pesona untuk memanipulasi rekan kerja.


3. Lakukan dengan cara Anda.

Jangan takut untuk memulai jalan Anda sendiri jika Anda memiliki ide yang Anda yakini. Mentalitas "inilah cara yang selalu dilakukan" dapat menyebabkan stagnasi kreatif. 

Hanya karena sesuatu pernah dilakukan dengan satu cara tidak berarti itu cara terbaik. Bereksperimenlah dengan ide dan model bisnis baru, karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan menemukan sesuatu yang brilian. "Terkadang semua orang di industri Anda melakukan kesalahan," tulis seorang redditor.


4. Tanggapi umpan balik dengan serius.

Menerima umpan balik negatif tentang produk atau layanan yang telah Anda curahkan semangatnya bisa membuat demoralisasi, tetapi jangan abaikan itu. 

Meskipun pergi dengan naluri Anda itu penting, memimpin dengan bukti yang kuat daripada emosi sama pentingnya. "Jangan setengah-setengah memberikan umpan balik produk," tulis seorang redditor. "Aplikasi pasangan pertama saya gagal karena saya tidak mendengarkan pengguna saya."


5. Selesaikan masalah, lalu buat produk.

Keberhasilan bisnis Anda bergantung pada kemampuan Anda untuk memecahkan masalah tertentu menggunakan produk atau layanan yang telah Anda kembangkan. Pastikan Anda benar-benar menemukan cara untuk memecahkan masalah yang Anda tangani sebelum Anda mulai membuat produk dan mencari pendanaan.


6. Pahami penyedia layanan Anda.

Bisnis Anda mungkin perlu mengandalkan penyedia layanan pihak ketiga, baik itu e-niaga, layanan web, atau solusi pemasaran. Pastikan Anda memahami sepenuhnya syarat dan ketentuan dari setiap penyedia layanan yang bekerja sama dengan Anda sebelum menandatangani kontrak.


7. Belajar cara mengatakan tidak.

Saat memulai bisnis Anda, mungkin tergoda untuk menerima tawaran pekerjaan apa pun yang datang kepada Anda, tetapi jangan membuat kesepakatan untuk memberikan layanan di luar keahlian Anda hanya untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Tetap berpegang pada area di mana Anda tahu Anda kuat, dan fokuslah pada mereka.


8. Memprioritaskan hubungan co-founder.

Seperti yang dikatakan seorang redditor, "co-founder membutuhkan lebih banyak usaha, perhatian, dan kehati-hatian daripada pernikahan." Meskipun itu mungkin sedikit berlebihan, sangat penting bahwa Anda dan salah satu pendiri Anda selalu berada di halaman yang sama. Menyajikan front persatuan kepada karyawan, investor, dan klien Anda akan melakukan keajaiban bagi reputasi Anda.


9. Belajar mendelegasikan.

Saat bisnis Anda mulai berkembang, jadwal Anda akan menjadi semakin rumit untuk dilacak. Berusahalah untuk melatih karyawan Anda untuk mengambil lebih banyak tugas tingkat senior. Ini akan menghemat waktu dan kekuatan otak Anda dan akan menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda memercayai mereka. "Rasanya luar biasa mengetahui saya membayar karyawan saya SANGAT baik dan saya percaya mereka melakukan pekerjaan dengan baik," kata salah satu redditor.

Ingatlah kata-kata bijak ini pada saat kesepakatan tidak berjalan sesuai keinginan Anda atau Anda mengalami kemunduran saat mencoba mengembangkan bisnis Anda. Seperti yang pernah dikatakan Yoda dari Star Wars, "Guru terbesar, kegagalan adalah."

Sumber: Inc

Post a Comment