Duniatera.com – Melanjutkan jenjang pendidikan denga kuliah di luar negeri tidak harus jauh-jauh. Buat kalian yang ingin merasakan pendidikan berkualitas juga bisa mendaftar di kamapus-kampus di negeri jiran, Malaysia.

Secara umum, jika dibandingkan dengan Singapura tentunya sedikit masih kalah. Namun, jangan khawatir, peringkat sejumlah universitas di Malaysia saat ini relatif tingg loh. Lebih tinggi daripada sejumlah kampus top Indonesia.

Berdasarkan QS World University Rankings 2023, Universiti Malaya (UM) masuk peringkat 70 dunia loh. Meski turun dari 65 pada 2022, namun peringkat ini tentunya jauh dari UGM yang di level 231, atau ITB di 235.

Nah, buat jadi referensi jika kalian mau kuliah di Malaysia, berikut adalah 10 kampus terbaik di Negerinya Siti Nurhaliza tersebut berdasarkan QS World University Rankings 2023

 

1. Universiti Malaya (UM)

Peringkat 70

UM menduduki peringkat 45 di QS World University Rankings 2021 untuk jurusan Teknik dan Teknologi.

Sekolah Bisnis UM mendapatkan 2 akreditasi internasional dari Eduniversal, Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan Association of MBAs (AMBA).

University of Malaya, universitas pertama di negara ini, terletak di kampus seluas 750 acre (309 hektar) di barat daya Kuala Lumpur.

Pendahulunya, King Edward VII College of Medicine didirikan pada 1905 dan Raffles College pada 1929, telah didirikan untuk memenuhi tuntutan mendesak, satu di bidang kedokteran dan yang lainnya di bidang pendidikan.

Keduanya digabung untuk membentuk Universitas Malaya pada Oktober 1949, tujuannya agar mereka dapat bersama-sama melakukan pelayanan yang lebih besar.

 

2. Universiti Putra Malaysia (UPM)

Peringkat 123 

UPM adalah salah satu universitas penelitian terkemuka di Malaysia. UPM menduduki peringkat 80 di QS World University Rankings 2023 untuk jurusan Pertanian dan Kehutanan.

UPM sebelumnya bernama Universiti Pertanian Malaysia didirikan pada 1971 melalui penggabungan Fakultas Pertanian, Universitas Malaya dan Sekolah Tinggi Pertanian di Serdang.

Tiga fakultas pendiri pertama adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Peternakan.

UPM mempertahankan peran tradisional pendidikannya dalam memfokuskan penelitian tingkat tersiernya pada pertanian dan bidang-bidang yang relevan. Pada awal 80-an, UPM memperluas cakupannya dengan memasukkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam bidang studinya.

 

3. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Peringkat 129


UKM menempati posisi 13 di QS Top 50 Under 50 2020 (daftar peringkat 50 universitas terbaik di dunia yang didirikan dalam 5 dekade terakhir)

Sheikh Muszaphar Shukor, astronot pertama dari Malaysia, adalah alumnus UKM.

UKM atau Universitas Nasional Malaysia didirikan pada 1971 terletak berdekatan dengan kota administrasi Malaysia Putrajaya di pinggiran kota administrasi Malaysia.

 

4. Universiti Sains Malaysia (USM)

Peringkat 143

USM dianugerahi penghargaan Most Entrepreneurial University of The Year dari Kementerian Pendidikan Malaysia pada 2018.

Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia memberikan status ‘Universitas APEX’ untuk USM. Hal ini berarti pemerintah memberi pendanaan ekstra untuk membantu USM meningkatkan statusnya menjadi institusi kelas dunia. 

USM

5. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Peringkat 203

UTM dikenal sebagai universitas teknik dan teknologi tertua di Malaysia. Sebagian besar lulusan jurusan teknik di Malaysia adalah alumni UTM.

UTM berfokus pada pendidikan pascasarjana. Karena itu, sekitar 56% pelajar di UTM berstatus mahasiswa pascasarjana.

 

6. Taylor's University

Peringkat 284

Taylor’s University adalah satu-satunya universitas di Malaysia yang mendapatkan sertifikasi TedQual dari United Nations World Tourism Organisation (UNWTO).

Program sarjana Taylor mencakup berbagai bidang, yaitu Kedokteran, Farmasi, Biosains, Arsitektur, Ilmu Komputer, Teknik, Survei Kuantitas, Hukum, Bisnis, Komunikasi, Desain, Seni Pertunjukan, Perhotelan, dan Seni Pariwisata & Kuliner.

 

7. UCSI University

Peringkat 284

UCSI menerima penghargaan bergengsi untuk QS Recognition for Improvement dari QS World University Rankings 2023, menjadikannya sebagai yang pertama dan satu-satunya di dunia yang dianugerahi kehormatan seperti itu. Dalam hal peringkat universitas ini mendaki 63 level ke 284, dan menempatkannya di antara 300 universitas top dunia.

Universitas UCSI terus menduduki peringkat di antara 0,9% teratas universitas dunia dan berada di posisi ke-6 di antara semua universitas Malaysia. Universitas ini sekarang menempati peringkat tertinggi dalam sektor universitas swasta di negara ini.

 

8. Universiti Teknologi Petronas (UTP)

Peringkat 361

Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) didirikan pada 10 Januari 1997 dan merupakan universitas swasta terkemuka di Malaysia. Kampus ini dibangun di atas lahan seluas 400 hektar (1.000 ekar) yang berlokasi strategis di Bandar Seri Iskandar, Perak Darul Ridzuan, Malaysia.

Universitas ini adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Petroliam Nasional Berhad (PETRONAS), perusahaan minyak dan gas nasional Malaysia.

UTP menawarkan berbagai program teknik, sains dan teknologi yang relevan dengan industri di tingkat sarjana dan pascasarjana. Ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berpengetahuan luas dengan kualitas kepemimpinan dan kemampuan komunikasi yang sangat baik.

 

9. Universiti Utara Malaysia (UUM)

Peringkat 481

Pada tahun 2016, UUM mendapat penghargaan Best Eminent Management University in Malaysia dari Global Brands Magazine.

UUM terletak di Sintok, 48 km di utara Alor Star dan 10 km di timur Changlun, sebuah kota kecil yang terletak di sepanjang Jalan Raya Utara-Selatan.

Kampus seluas 1.061 hektare yang semula merupakan area penambangan timah ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah, hutan tropis yang rimbun, dan pegunungan.

Selain itu, dua sungai mengalir di dalam kampus, sungai Sintok dan Badak, menciptakan lingkungan yang paling menyenangkan dan tenang. UUM memiliki salah satu kampus terindah dan modern di wilayah utara.

Kampus yang dibangun dengan modal RM580 juta ini mulai beroperasi pada 15 September 1990 dan secara resmi dinyatakan dibuka oleh Yang Mulia Rektor UUM pada 17 Februari 2004.

Bangunan utama, Perpustakaan Sultanah Bahiyah, Masjid Sultan Badlishah, Aula Muadzam Shah, Tan Sri Othman Hall, Kompleks Olahraga, University Mall, Student Residential Halls dan University Inn.

UUM memastikan akomodasi untuk semua mahasiswanya. Untuk memenuhi kebutuhan perumahan dari populasi mahasiswa yang terus meningkat, UUM memiliki 15 asrama mahasiswa yang dapat menampung sekitar 20.000 mahasiswa.

 

10. Management and Science University (MSU)

Peringkat 601-650

MSU dua kali berhasil mendapat gelar ‘Excellent Status University’ di sistem penilaian universitas nasional di Malaysia.

Menurut riset Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia, 98,6% alumni MSU mendapatkan pekerjaan hanya dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan.

Post a Comment