Sinopsis Serial Katla - Netflix, Rahasia Changeling



Katla adalah drama seri di Netflix yang mengisahkan kehidupan di desa terpencil di Islandia. Tepatnya di Vik, sebuah desa paling selatan Islandia di mana ada gunung api Katla.

Di dunia nyata, Vik i Myrdal (Vik) hanya dihuni ratusan jiwa. Pada 2016, terdapat 318 penduduk di sana.

Sementara it dalam film dikisahkan gunung Katla mengalami erupsi dalam tempo yang cukup lama, sekitar 1 tahun dan belum ada tanda-tanda akan berhenti.

Kisah bermula dengan munculnya sosok perempuan telanjang yang berbalut lumpur. Perempuan ini tiba-tiba muncul di desa yang hanya ditinggali beberapa orang saja.

Perempuan berbalut lumpur hitam itu ditemukan di tengah cuaca dingin dan dibawa ke klinik setempat. 

Diketahui perempuan itu bernama Gunhild, mengaku berasal dari Swedia. Anehnya, area tersebut sebenarnya tertutup bagi pendatang, terutama turis.

Adalah Thor, pria tua yang tinggal sendiri setelah istrinya bunuh diri, yang tahu nama Gunhild. Masalahnya, Gunhild yang dikenal Thor 20 tahun lebih tua dari perempuan tersebut.

Seorang pemilik Hotel Vik akhirnya mengenali Gunhild, karena perempuan itu mengaku bekerja di hotel tersebut. Namun, perempuan itu bekerja di Vik hotel 20 tahun lalu, saat hotel masih dikelola ibunya.

Lantas, upaya mengklarifikasi siapa Gunhild membuat orang-orang di sana menghubungi Gunhild yang asli, yang umurnya 20 tahun lebih tua. 

Belum selesai mencari tahu siapa Gunhiild muda yang muncul tiba-tiba, muncul lagi sosok lain. Hadir dengan cara yang mirip, berjalan ke desa dalam sosok yang berbalut lumpur.

Adalah Grima yang menyadari bahwa sosok tersebut adalah Asa, kakaknya yang hilang 1 tahun lalu. Asa yang hilang itu sebenarnya sudah dianggap mati, tetapi memang jasadnya belum ditemukan.

Kehadiran Asa membuat Grima yang setahun terakhir depresi akibat kehilangan ibu dan Asa, sedikit bahagia.

Namun, itu tak lama karena Grima merasa ada sesuatu yang salah dengan Asa ini. 

Di sisi lain, Gunhild muda ternyata hamil dan mengaku itu anak Thor. Kemudian diketahui bahwa 20 tahun lalu Gunhild dalah selingkuhan Thor.

Gunhild asli pun akhirnya datang lagi ke Islandia, tempat dia pernah bekerja di Hotel Vik. Tapi dia harus meninggalkan anaknya yang punya sindrom, dan bersia 20 tahun, demi mencari tah sosok Gunhild yang muncul tiba-tiba, dan tentu saja dia ingin bertemu Thor.

Sosok ketiga muncul, tapi kali ini adalah anak kecil. Anak dari seorang geolog yang tinggal di kamp untuk meneliti erupsi Katla.

Persoalannya, anaknya Darri--geolog tersebut--sebenarnya duah meninggal 3 tahun lalu, kecelakaan, lebih tepatnya menabarakkan diri ke kendaraan di jalan.

Namanya adalah Mikael. Anak yang punya masa lalu aneh, pernah membakar sekolahnya sendiri karena dirundung/bully oleh teman-temannya. 

Mikael punya kecenderungan psikopat. Ayahnya, Darri, sejak awal curiga. Selain karena putranya sudah mati, kemunculan tiba-tiba itu tentunya sangat aneh.

Di tengah upayanya meneliti suatu temuan aneh di bekas lapisan gletser yang meleleh, dia harus menghadapi anaknya sendiri. Mikael ini akhirnya menelpon ibunya. Tentu, ibunya antara percaya dan tidak, anaknya kembali.

Meski secara logika aneh, anaknya sudah mati 3 tahun lalu, dan kemudian muncul lagi.

Darri mencoba menyembunyikan Mikael karena menurutnya anak itu berbahaya, dan kemudian terbukti ketika Mikael membunuh seorang perempuan yang mencoba menyelamatkannya.

Teka-teki semakin rumit saat muncul sosok keempat, istri seorang polisi dan pendeta, Einar. Istri Einar, Magnea, tengah sakit dan hidup dengan bantuan selang pernapasan di tenggorokan, tak bisa bicara.

Adapun sosok yang muncul adalah sosok Magnea tetapi dalam kondisi yang sehat. Kehadiran Magnea palsu mengejutkan Einar yang sedang menyelidiki kasus mnculnya sosok-sosok serupa.

Pemilik hotel mengetahui kisah soal changeling, sosok serupa menusia, mirip dalam segala hal, yang dikisahkan dalam dongeng rakyat di sana.

Apakah mereka changeling? Grima dan Darri menjadi tokoh kunci untuk mencari tahu rahasianya. Di tengah pencarian itu, di lubang magma para peneliti menemukan batuan yang mulanya disebut sebagai bagian dari letusan seribu tahun lalu.

Nyatanya, batuan aneh tersebut ternyata bukan berasaldari bumi dan usianya sudah ribuan tahun. Batuan inilah yang akhirnya bisa  menyingkap teka-teki soal kehadiran para changeling.

Dan tentu saja, tampaknya muncul lagi changeling-changeling yang lain di akhir kisahnya.

MTB
Hi, saya adalah jurnalis bisnis dan ekonomi di salah satu media nasional. Saya menulis soal kewirausahaan, finansial, saham, hukum bisnis,dan hal-hal menarik lainnya.

Tidak ada komentar

Quote

“Finally, from so little sleeping and so much reading, his brain dried up and he went completely out of his mind.” ― Miguel de Cervantes Saavedra, Don Quixote